Membuat Live USB Linux dengan unetbootin


Apa itu live usb?Sebuah usb flash disk yang berisi sistem operasi lengkap yang dapat di boot... Ini berarti hanya dengan bermodal USB flashdisk, kalian bisa membawa sistem operasi kemana-mana dan menginstalna di komputer mana-mana. Disini saya menjelaskan membuat live usb dengan unetbootin saja, sebenernya banyak software pendukung yang bisa membuat live usb selain memakai unetbootin. Nah, langsung aja ke langkah-langkahnya sbb:
1. Siapkan file .iso Linux nya.
2. Silahkan download saja unetbootin terbaru. searching saja digoogle.
3. Setelah selesai download, siapkan flashdisk anda, untuk linux paling tidak anda harus punya flashdisk berkapasitas 2GB. Langsung aja colokin ke port usb nya.
4. Klik 2x file unetbootinnya.
5. Lihat gambar disamping. Setting mulai dari distribution silahkan pilih linux apa yang akan diinstal sesuai file .iso yang anda punyai. Klik Disk Image browse file .iso linux dimana anda menyimpan. Pilih drive dimana USB flash disk anda berada. Kemudian tekan OK.
6. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.
7. Setelah selesai anda diminta reboot, silahkan reboot PC anda.
dan sekarang didalam usb flash disk anda akan berisi file-file instalasi linux dan kalian bisa menginstal linux dengan menggunakan USB Flash disk anda.

You Might Also Like

0 comments