Pemrograman Robot

Anda seorang Programmer???suka dengan robot???Ada game menarik buat anda. Game yang menggabungkan pemrograman dengan robot. Mungkin game ini cocok untuk para programmer pemula yang bercita - cita ingin sekali membuat robot dan tidak kesampaian :), ya karena beberapa faktor yang salah satunya modal. Nah daripada mengeluarkan modal yang belum tentu bisa jadi explorasi nya mending cobain dulu game keren ini. Game ini dinamakan robomind. Robomind sendiri adalah game open source tentang bagaimana mengendalikan pergerakan sebuah robot melalui perintah-perintah menggunakan bahasa pemrograman. Game yang dibuat oleh Arvid Halma dari Universitas Amsterdam ini dapat didownload DISINI .
Game ini sangat cocok untuk programmer - programmer pemula, kenapa?Ya… di dalam game ini, kita bisa mengatur sendiri langkah-per langkah kita untuk mengatur gerakan robot, dalam hal ini melatih kemampuan kita dalam penguasaan algoritma dan logika. Selain itu dalam RoboMind ini terdapat pula beberapa struktur pemrograman seperti halnya bahasa pemrograman pada umumnya, seperti bentuk IF, LOOPING, dan PROCEDURE.
Berikut ini beberapa perintah dasar untuk mengatur gerakan si robot.

  • forward(n), digunakan untuk menggerakan maju si robot n langkah
  • backward(n), digunakan untuk menggerakan ke belakang si robot n langkah
  • left(), digunakan untuk membelokkan si robot ke kiri 90 derajad
  • right(), digunakan untuk membelokkan si robot ke kanan 90 derajad
  • north(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke utara, lalu bergerak maju n langkah
  • south(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke selatan, lalu bergerak maju n langkah
  • west(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke barat, lalu bergerak maju n langkah
  • east(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke timur, lalu bergerak maju n langkah

Robot juga bisa disuruh mewarnai path yang dilalui, dengan perintah berikut ini

  • paintWhite(), menyuruh robot mewarnai dengan warna putih pada path
  • paintBlack(), menyuruh robot mewarnai dengan warna hitam pada path
  • stopPainting(), menyuruh robot berhenti mewarnai

Selain mewarnai path yang dilalui, si robot juga bisa disuruh mengambil obyek dan meletakkannya kembali. Berikut ini beberapa perintah untuk melakukan hal tersebut:

  • pickUp(), mengambil obyek yang ada di depannya
  • putDown(), meletakkan obyek di depannya

Sedangkan untuk struktur pemrograman untuk bentuk IF, berikut ini sintaksnya:

if (syarat)

{

    instruksi

}

atau

if (syarat)

{

    instruksi

}

else {

        instruksi

     }

Bagaimana dengan bentuk loopingnya? Ada beberapa bentuk looping dalam RoboMind ini, ini dia macam-macam bentuk looping

repeat(n)

{

   instruksi

}

Bentuk looping di atas digunakan untuk mengulangi instruksi sampai dengan n kali (mirip dengan struktur FOR i:=1 TO n DO dalam Pascal).

Ada pula bentuk looping seperti di bawah ini

repeatWhile(syarat)

{

   instruksi

}

Struktur looping di atas mirip dengan struktur WHILE (syarat) DO dalam Pascal.

Di bawah ini contoh sebuah program untuk menyuruh robot mengikuti jalan berwarna putih.

# belok ke kanan

right()



# maju 8 langkah

forward(8)



# looping

repeat()

{

    # cek apakah ada jalan berwarna putih di depannya

        if(frontIsWhite()){

            # jika ada, maka maju satu langkah

               forward(1)

        }

        # cek apakah ada jalan berwarna putih di sebelah kanannya

        else if(rightIsWhite()){

            # jika ada, belok kanan

               right()

        }

        # cek apakah ada jalan berwarna putih di sebelah kirinya

        else if(leftIsWhite()){

            # jika ada, belok kiri

               left()

        }

        # cek apakah di depan robot ada halangan

        else if(frontIsObstacle()){

            # jika ada, robot berhenti (stop)

               end

        }

}


nah penasarankah??? Langsung aja download software nya,kemudian install....Selamat Menikmati....

You Might Also Like

3 comments