Tutorial Instalasi Windows XP

Bagi orang awam yang baru saja mengenal komputer pasti kesulitan bagaimana menginstal windows di komputer/laptopnya...nah disini saya akan memberikan tutorialnya...ikuti langkahnya sbb:

1. Siapkan Cd instalasi windows XP beserta Serial numbernya(Biasanya sudah ada di disk nya).
2. Siapkan Cd driver motherboardnya (Biasanya uda disertakan di setiap kemasan pembelian komputer maupun laptopnya).
3. Pastikan komputer maupun laptop anda sudah disetting untuk booting dari CD ROM,kalau belum silahkan setting di BIOS nya(untuk menyeting BIOS bisa di search di mbah google, soalnya saya tidak bisa memberikan postingan bagaimana setting BIOS karena setiap merk dari beberapa komputer maupun laptop berbeda - beda).
4. Boot komputer anda setelah Cd windows xp nya sudah dimasukkan.
5. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "Press any key to boot from CD" di layar monitor anda.









6. Silahkan tekan

"Enter" atau
sembarang tombol.
7. Selanjutnya proses instalasi akan mengecek konfigurasi hardware komputer anda. Akan muncul tulisan "windows setup" di bagian kiri atas layar yang berwarna biru. Tunggu sampai pengecekan selesai.










8. File -file yang ada di CD ROM akan diload ke dalam memori selama proses instalasi ini. Selanjutnya layar "Welcome To Set Up Windows" akan muncul.









9. Tekan "Enter" untuk menginstal Windows XP.
10. Selanjutnya akan muncul "EULA (End User Licence Aggrement)". Silahkan baca dulu kemudian tekan "F8".
11. Kemudian akan ditampilkan semua partisi hardisk anda. Anda bisa mengatur kapasitas partisi dengan sesuka anda (yang penting jangan terlalu kecil kapasitasnya). Untuk menginstal Windows XP setidaknya kita mempunyai 1 partisi.










12. Setelah partisi dibuat , langkah selanjutnya adalah menentukan di partisi mana WINDOWS XP akan diinstal(Biasanya dan kebanyakan orang memilih di partisi C: ). Tekan "Enter".
13. Selanjutnya akan muncul windows yang menanyakan bagaimana anda akan memformat partisi yang tadi. Disarankan untuk memilih NTFS file system.





14. Partisi hardisk anda akan diformat










15. Setelah partisi hardisk di format, dilanjutkan dengan mengcopy semua file yang dibutuhkan ke dalam folder instalasi windows.










16. Sesudah semua file tercopy ke folder instalasi windows, proses instalasi akan merestart komputer anda.










17. Setelah restart akan muncul lagi tulisan "Press Any Key To boot from CD". Kali ini jangan tekan tombol apapun, karena jika kita menekan tombol, kita akan kembali ke proses awal instalasi. Jika anda tidak menekan tombol apapun, Windows akan tampil dilayar secara otomatis.




















18. Selanjutnya windows akan mengcopy file - file ke hardisk anda.










19. Selama proses itu berlangsung, akan mucul beberapa window untuk konfigurasi. Yang pertama adalah "Regional and Language Options". Click tombol "Customize" untuk memilih negara, bahasa, dan lainnya. Jika sudah tekan OK. Pilih "Next".










20. Kemudian windows akan menanyakan nama dan organisasi anda. Jika sudah mengisi nama dan organisasi silahkan klik tombol "Next".










21. Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan serial number. Isikan dengan serial number yang anda punya. Jika anda salah memasukkan serial number, maka akan muncul pesan error dan proses instalasi tidak akan dilanjutkan sampai anda memasukkan serial number dengan benar. Jika sudah tekan "Next".










22. Selanjutnya akan muncul tampilan layar "Computer and Administrator Password". Masukkan nama, computer dan password sesuai keinginan anda untuk user administration. Jika sudah klik "Next".










23. Kemudian akan muncul layar "Date and Time setting". Masukkan tanggal dan jam dengan benar. Kemudian tentukan juga TimeZone anda. Nb: untuk Indonesia pilih GMT+07. Klik tombol "Next".




















24. Selanjutnya windows akan menginstall jaringan (Installing Networking) untuk komputer anda. Kita anggap komputer kita mempunyai kartu jaringan. Window Networking setting akan ditampilkan. Pilih typical Setting kemudian pilih "Next".










25. Selanjutnya akan muncul window "Workgroup or Computer Domain". Jika komputer anda terhubung dengan sebuah domain silahkan masukkan nama domain anda. Atau jika komputer anda stand alone silahakan pilih radio button yang pertama(yang paling atas). Selanjutnya klik "Next".










26. Windows akan melanjutkan proses mengcopy file.
27. Sebentar lagi proses akan selesai. Masuk ke tahap "Finalizing Instalation", dimana Windows akan menginstall start menu icons, meregister komponen, menyimpan setting dan terakhir membuang semua file temporary yang tadi digunakan.
28. Setelah itu windows akan merestart komputer anda lagi.
29. Setelah restart akan muncul lagi tulisan "Press Any Key To boot from CD". Kali ini jangan tekan tombol apapun, karena jika kita menekan tombol, kita akan kembali ke proses awal instalasi. Jika anda tidak menekan tombol apapun, Windows akan tampil dilayar secara otomatis.










30. Akan terlihat logo di windows.











31. Pertama kali windows diload, windows akan mengatur resolusi monitor anda. Silahkan klik OK.










32. Windows akan menerima settingan komputer anda (apply the computer Setting) lalu klik OK dan tunggu beberapa saat.
33. Tampilan "Welcome to Microsoft Windows" akan tampil. Klik Next Untuk melanjutkan










34. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengaktifkan firewall dan update otomatis. Jika windows anda bajakan, saya sarankan untuk memilih "Not right now".










35. Windows akan mengecek konektivitas internet komputer anda.










36. Selanjutnya windows akan menanyakan nama user untuk komputer anda. Minimal masukkan 1 user. Jika sudah klik Next.










37. Selanjutnya akan muncul tampilan "Thanx you" dan juga "Welcome".




















38. Dan taraaaaaa....anda berhasil menginstal windows xp ke dalam komputer/laptop anda...tapi ini belum selesai karena driver Motherboard anda belum terbaca semua, untuk itu silahkan masukkan driver motherboard anda dan ikuti proses instalasinya sampai selesai.











S.E.L.A.M.A.T M.E.N.C.O.B.A!!!!!!!!!!!

You Might Also Like

0 comments