Install Linux mint 9 Di Asus K40in

Salam Informatika!!!!!!!!!!!!!Terima kasih udah mau berkunjung di blog ini. Nah pada postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana instal Linux mint 9 [Isadora] di Asus K40in. Linux mint 9 ini sendiri sebenarnya pada dasarnya adalah Linux ubuntu 10.04 yang udah dikostumisasi. Disini saya memilih asus k40in karena saya menggunakan laptop ini untuk explorasina, mungkin untuk laptop - laptop yang menggunakan grafik - grafik nvidia juga merasa kesulitan untuk menginstal linux mint 9 maupun linux ubuntu 10.04. Jangankan untuk menginstall, masuk ke desktopnya saja mungkin tidak bisa.
Langsung aja, berikut urutan - urutan instalasi linux nya :
1. Disini karena saya tidak mempunyai CD instalasi Linux nya, jadi file .iso yang sudah terdownload saya buat Live USB dengan menggunakan unetbootin. kalo mau silahkan download unetbootinnya disini. Untuk membuat live usb nya silahkan baca Membuat Live USB linux dengan unetbootin.
2. Setelah instalasi selesai, silahkan reboot laptop anda.
3. Karena laptop Asus saya saat direstart saat masuk linux, Jadi saya harus menyeting BIOS saya saat reboot. Jika laptop asus K40in kalian juga sama seperti milik saya, dan ingin menyeting BIOS nya silahkan baca postingan saya mengenai Mengapa Asus K40in menggunakan linux tidak bisa direstart.
4. Setelah menyeting BIOS, reboot laptop dan saat reboot tekan Esc dan pilih drive USB anda. saat boot splash screen keluar pilih compatible mode kemudian tekan tab.
5. Tambahkan kata nomodeset sebelum kata nosplash lalu tekan enter.
6. Anda akan masuk ke desktop linux mint 9 anda.
7. Silahkan pilih Instal linux yang ada di desktop.
8. Silahkan ikuti langkah - langkah instalasi sampai selesai.
9. Setelah instalasi selesai anda akan diminta reboot, silahkan reboot laptop anda.
10. Belum selesai sampai disini, anda masih belum bisa masuk ke desktop linux mint tersebut, karena anda belum menginstal driver Nvidia anda di system linux tersebut. Nah, untuk bisa masuk ke linux anda saat boot splash screen keluar, silahkan tekan tab kemudian tekan tombol E.
11. Disitu akan keluar beberapa tulisan, silahkan tambahkan kata nomodeset setelah kata quiet dan tambahkan no pada splash tanpa spasi. Setelah itu silahkan tekan Ctrl+x.
12. Setelah masuk ke desktop silahkan masuk ke accesoris - terminal dengan catatan laptop anda harus terkoneksi dengan Internet. ketikkan sudo apt-get update di terminal, kemudian Enter. Tunggu sampai proses selesai.
13. Setelah proses selesai, masuk ke System - Administration - Hardware drivers. Setelah terbuka klik active. Tunggu sampai download nya selesai.
14. Setelah selesai, silahkan reboot laptop anda. Dan sekarang anda bisa masuk ke desktop linux anda.





sumber gambar : http://yuanlukito.wordpress.com/2010/05/23/linux-mint-9-isadora-x86_64-di-asus-k40in/


Untuk mendownload file iso linux anda bisa klik di sini.

You Might Also Like

0 comments