MAC

Instalasi Mac OS di Asus K40In


Nah Tutorial ini baru aja aku riset beberapa bulan yang lalu, Karena pingin banget ngrasain punya mac book. Tapi Apalah daya, namanya juga mahasiswa, banyak kebutuhannya jadi buat beli laptop kayak gituan kagak mampu,he3....nah karena aku punya nya laptop asus k40in, jadi punya pikiran gimana caranya bisa ngrasain mac os di laptop sendiri tanpa keluar biaya banyak. Dan akhirnya lama nyari - nyari referensi, akhirnya setelah dapet beberapa referensi langsung aja tancap gas ke rentalan disc, pinjem disc MAC OS X SNOW LEOPARD v10.6.2 & 10.6.3 for intel and AMD. Setelah itu balik kekos cepat - cepat buka laptop terus langsung cobain disc yang tadi dipinjem. Karena tutorial yang aku baca belum terlalu lengkap, jadi coba - coba buat nginstalnya...ternyata ga segampang yang adadipikiranku, hasilnya banyak yang error saat menginstal. Dari hardware yang di input banyak yang ga kebaca seperti sound pecah, wifi ngga detect. Itu juga uda sampe hampir 20 x an nginstal ulangnya, sampe ngrelain bolos kuliah gara - gara masalah kayak gini (tapi jangan ditiru loh) :D.
Nah daripada kelamaan basa - basi langsung aja deh ke tutorialnya.
Hal pertama yang harus dipersiapkan :
- Sebelum memulai nya lebih baik semua data yang ada dipindah dulu dihardisk external, takutnya pada saat instalasi nanti data hilang semua. Kemudian hapus semua partisi yang ada.
- Siapkan sebuah partisi primary (minimal 10 GB)
- Siapin dulu disc Mac OS X Snow Leopard v10.6.1 & 10.6.2 for intel and AMD
- Masuk ke setingan BIOS dengan cara bisa dibaca dipostingan saya mengapa-asus-k40in-menggunakan-linux Disini juga berlaku untuk Mac OS.
- Update Bios nya terlebih dahulu ke versi 222 untuk file nya bisa didownload Disini Untuk cara mengupdate BIOS nya silahkan anda cari sendiri di google.
- Perhatikan dilayar. Jika muncul boot, segera tekan F8 dan lakukan booting dengan opsi: -v cpus=1
- Tunggu beberapa saat sampai SL terload sempurna sampai muncul pilihan Bahasa. Tekan tombol next kemudian tunggu sampai window instalasi muncul
 - Setelah muncul tampilan silahkan masuk ke Utility --> Disk Utility --> buat partisi baru (Disini saya membuat 4 partisi diantara nya partisi pertama untuk mac os,catatan jika anda ingin membuat dual boot,tempatkan mac os pada partisi pertama,kemudian partisi kedua saya kasih untuk windows XP,sisanya 2 partisi untuk menyimpan data - data lainya) --> Pilih tab Partition kemudian pilih Option kemudian untuk map partisi nya ubah ke MBR --> Klik OK --> Jadikan sbg MacOSX Extended Journaled dan Erase untuk partisi MAC OS nya,kemudian untuk Windows XP set menjadi NTFS dan partisi sisanya untuk menyimpan data dibuat FAT32,disini aku buat FAT32 soalnya agar saat memakai OS mac ini bisa untuk media penyimpanan,soalnya kalo pake NTFS saat di mac tidak bisa disave di partisi ini. seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

- Setelah pemartisian selesai kemudian keluar dari Disk Utility
- Lanjutkan instalasi, pilih Hard Disk yang baru saja diformat sebagai tempat instalasi.
- Tekan tombol Customize (ada dibagian ujung bawah bagian kiri),
  nah disini tidak semua dipilih,yang diberi centang hanya :
  10.6.2 Combo Update
  Bootloader ChameleonRC3 PC EFI 10.5
  Graphics -> NVEnabler, Graphic Enabler
 Network -> AtherosFix
  Audio -> ALC662
  Laptop -> Apple ACPI Battery Manager
  Laptop -> Function Flip
  Laptop -> Voodoo Battery
  Laptop -> Voodoo Monitor
  Laptop -> Voodoo Power
  Laptop -> Voodoo PS2 Trackpad
  System -> Elliot Force Legacy RTC
  System -> AHCI SATA Fix
  System -> SMBIOS Resolver
  System -> UUID
  Additional Fonts
  X11 User
  Rosetta
- Lanjutkan dengan mengklik install dan skip jika ada suruhan check disc
- Tunggu kira-kira 20 menitan (tergantung kualitas optik)
- Restart

Selamat jika anda berhasil anda akan masuk didekstop Mac OS X Snow Leopard. Tinggal setting account. Namun Jangan senang dahulu karena disini masih ada trouble dimana suara masih pecah,wirelles belum bisa mendeteksi. Namun jangan kecewa, semua masalah pasti ada solusinya.

1. Solusi untuk sound pecah.
Anda tinggal mengcopy file AsusK50IN.kext dan HDAEnabler.kext yang sudah dimodifikasi ke directory /Extra/Extensions dengan catatan setelah didowload di extract terlebih dahulu.
File AsusK50IN.kext bisa didapat DISINI
File HDAEnabler.kext bisa didapat DISINI

Serta tambahkan file AppleHDA.kext ke direktori /System/Library/Extensions. File AppleHDA.kext bisa didapatkan DISINI
Kemudian setelah terkopi jalankan Kext Utility, dari menu Application --> Kext Utility masukkan password root. Tunggu beberapa saat, jika sudah selesai silahkan direstart.

2. Solusi Untuk Wirelles yang tidak detect
Untuk file IO80211Family.kext bisa didapat DISINI
Setelah didownload extract terlebih dahulu kemudian kopi kan ke /System/Library/Extensions. Jalankan kext utility dan restart.

Nah untuk instalasi windows nya silahkan diinstal sendiri jangan lupa untuk menginstal windows harus setting BIOS terlebih dahulu seperti apa yang sudah saya berikan diatas,begitu juga sebaliknya jika mau masuk ke MAC harus setting BIOS dahulu, instal saja di partisi 2 tadi yang berextensi NTFS.
Kurang Lebih tampilan nya seperti ini
Mengembalikan bootloader MAC OS X Snow Leopard
Setelah selesai instal windows nya pasti bootloader untuk masuk ke mac os nya hilang. nah untuk mengembalikannya dengan cara : disini saya hanya memberikan contoh untuk dual boot dengan windows XP,karena OS yang saya pake OS windows XP. Download terlebih dahulu file chain0 DISINI
- Kemudian kopi file tersebut didirectory C: windows XP nya.
- Klik kanan pada icon my computer --> pilih properties
- Buka Tab Advanced pada Start Up and Recovery --> klik Settings
- Pada System Start Up klik edit
- Tambahkan code berikut dibagian paling bawah :
  
Code:
C:\chain0="Mac OS X Snow Leopard"

Contoh
Code:
[boot loader]
timeout=5
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS="Microsoft Windows XP Professional" /noexecute=optin /fastdetect
C:\chain0="Mac OS X Snow Leopard"

- Setelah selesai klik ok kemudian restart untuk melihat hasilnya....
- Selesai

You Might Also Like

4 comments